>

PERSEMAIAN BIBIT LASKAR HIJAU DESA CIBEBER II



PERSEMAIAN BIBIT GRATIS DESA CIBEBER II KEC.LEUWILIANG

LSM-Laskar Hijau Indonesia: Pengalaman yang didapatkan selama empat tahun menyemai bibit untuk kepentingan masyarakat yang akhirnya membuat melek pemerintah dan langsung memberi kepercayaan kepada Lembaga Laskar Hijau Indonesia untuk menyemai bibit pohon Gratis untuk masyarakat yang membutuhkannya.
Dengan sosialisasi terus menerus kepada masyarakat bahwa pentingnya penghijauan demi kepentingan mahkluk bumi serta meningkatkan oxigen bagi kelangsungan hidup,maka masyarakat sedikit demi sedikit mengetahui dan menyadari pentingnya menenam pohon sejak dini.


Dengan adanya Program Pemerintah terkait ini maka terciptalah lapangan kerja bagi Pengangguran seperti ibu ibu rumah tangga yang tadinya banyak waktu terbuang dapat memanfaatkan waktunya untuk bekerja pada kegiatan ini seperti melakukan pekerjaan memasukkan biji dalam polibek dan melakukan perawatan bibit setelah tumbuh.



Bukan saja ibu ibu yang diberi kesempatan untuk mengais rezeki di tempat persemaian ini,melainkan anak anak pun bisa bekerja di persemaian ini setelah kembali dari sekolahnya masing masing.
Sangat banyak manfaat dan Faedahnya bagi masyarakat setempat dengan adanya Program Kemen LHK ini.



Pengisian Polibek tidak saja dilakukan ibu ibu,anak anak juga bersemangat melakukan kegiatan ini karena ada hasilnya bagi mereka.


Ketika Panen bibit Laskar Hijau mendata siapa saja yang memiliki lahan untk menanam Pohon lalu bibit pohonpun dibagikan dengan sistem dalam 100 phon kayu akan ada tambahan bibit buah sebanyak 20 pohon.
Bibit pohon tergantung permohonan awal pengajuan ke pemerintah,seperti jika masyarakatnya meminta beberapa jenis pohon kayu dan buah maka permohonan kita juga harus sama dengan apa yang dimina masyarakat.agar tidak mubazir ketika pada saat panen.


Laskar Hijau Indonesia memiliki anggota di 19 Desa yang sudah pernah melakukan kegiatan persemaian dan sudah pernah mendapatkan bantuan seperti Ikan,Domba dan Ayam Kampung.



Setiap Pengurus Laskar Hijau tingkat Desa diberikan Edukasi tentang Pembuatan Pupuk,aram sekam dan berbagai pengetahuan yang menyangkut Pertumbuhan bibit.


Survey Penmerintah kelokasi Persemaian tiap tiap Desa sudah menjadi Tupoksi mereka sebagai Pemberi Program,sehingga apa yang dilakukan kelompok dapat berjalan sesuai RAB.


Bersama dengan Staf Dinas Kehutanan Bu INDRI

Posko kelompok tiap tiap Desa yang mendapat Bantuan Program Persemaian Harus ada.


Bantuan Program Pemerintah ini nilainya sebesar 50. juta dengan estimasi Bibit sebanyak 50.000 bibit setiap panen,tetapi Laskar Hijau mampu melebihinya dengan jumlah 70.000 sampai 80.000 bibit setiap panennya.sebab terkadang ada juga Laskar Hijau Desa Lain yang tidak mendapatkan program ini,maka Kami memiliki inisiatip melebihkan jumlah yang di targetkan pemerintah dengan syarat Laskar Hijau yg tidak mendapatkan program ini harus ikut membantu sambil belajar cara menyemai dan memupuk,siapa tahu tahun berikutnya mereka mendapatkannya,maka pengalaman yang di dapatpun akan membantu dirinya sendiri nantinya.






Begitulah Proses LSM Laskar Hijau dalam menggalang kebersamaannya dalam mengembangkan organisasinya,sehingga apapun yang di lakukan dengan secara bersama sama akan ringan di lakukan.